Lomba Karya Tulis Ilmiah

Tema Lomba Karya Tulis Ilmiah  adalah “Mewujudkan Indonesia Sebagai Lumbung Pangan Dunia Melalui Pertanian Berkelanjutan”.

Untuk sub-tema Karya Tulis Ilmiah sebagai berikut:

  1. Ekonomi

Strategi Pemasaran Produk Pertanian Skala Internasional

  1. Teknologi

Teknologi Terbarukan Sebagai Dasar Pengembangan SDA Lokal yang Berdaya Saing

  1. Lingkungan

Pemanfaatan Limbah Pertanian Untuk Pengembangan SDA Lokal yang Berdaya Saing

  1. Sosial

Kearifan Lokal Dalam Menunjang Kegiatan Pertanian Berkelanjutan

 

  • Ketentuan Umum
    1. Mahasiswa aktif D3/S1 di seluruh Indonesia (dibuktikan dengan Kartu Tanda Pengenal Mahasiswa).
    2. Peserta merupakan tim yang terdiri dari 2 – 3 orang berasal dari segala disiplin ilmu yang berada pada satu perguruan tinggi yang sama.
    3. Setiap mahasiswa boleh mengirim lebih dari 1 karya, tetapi hanya dapat menjadi ketua di dalam 1 karya.
    4. Karya yang dikirim merupakan naskah yang dibuat sendiri atau tidak melakukan plagiat dibuktikan dengan lembar orisinalitas yang telah disediakan panitia.
    5. Karya yang diajukan belum pernah menjadi pemenang di perlombaan manapun dan tidak dalam proses perlombaan lain, serta tidak pernah dipublikasikan dimanapun.
    6. Peserta telah mendaftarkan diri dengan mengunduh formulir pendaftaran yang telah sediakan panitia.
    7. Apabila ada kecurangan yang ditemukan panitia, baik sebelum, selama, ataupun setelah kompetisi berlangsung, maka peserta yang bersangkutan dinyatakan gugur.
    8. Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

 

  • Sub Tema
    1. Ekonomi. Strategi Pemasaran Produk Pertanian Skala Internasional
    2. Teknologi. Teknologi Terbarukan Sebagai Dasar Pengembangan SDA Lokal yang Berdaya Saing
    3. Lingkungan. Pemanfaatan Limbah Pertanian Untuk Pengembangan SDA Lokal yang Berdaya Saing
    4. Sosial. Kearifan Lokal Dalam Menunjang Kegiatan Pertanian Berkelanjutan

 

  • Timeline
  1. Pendaftaran dan pengumpulan naskah karya tulis ilmiah dibuka mulai tanggal 15 januari – 5 April 2018.
  2. Pengumuman 10 finalis Karya Tulis Ilmiah akan diumumkan melalui (web seperti registrasi/E–mail) pada tanggal 7 April 2018.
  3. Presentasi Karya Tulis Ilmiah
  • Hari, tanggal        : Jumat, 13 April 2018
  • Waktu                   : Pukul 07.30 WIB
  • Tempat                 : Gedung Pascasarjana Lt. 4 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

 

  • Syarat dan Ketentuan
    1. Isi naskah mulai dari pendahuluan sampai dengan kesimpulan dan saran, ditulis maksimal 10 halaman.
    2. Jumlah halaman yang tidak sesuai dengan ketentuan dapat mengurangi point nilai KTI.
    3. Penulisan nomor halaman berada di tengah bawah dengan menggunakan angka romawi (i,ii,iii) untuk bagian awal, sedangkan untuk bagian isi hingga penutup mengunakan angka arab (1, 2, 3, dst).
    4. Karya tulis yang dibuat harus menggunakan Bahasa Indonesia yang baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan, sederhana, jelas, satu kesatuan, mengutamakan istilah yang mudah dimengerti, tidak menggunakan singkatan seperti tdk,tsb,yg,dgn,dll,sbb.
    5. Naskah diketik dengan menggunakan kertas A4 dengan format huruf Times New Roman ukuran 12 dan spasi 1,5 dengan margin samping kiri , kanan, atas, dan bawah masing-masing 4 cm, 3 cm, 3 cm, dan 3 cm. Before & after spacing 0 pt. Serta diketik dengan alignment kanan – kiri (justify).
    6. Karya yang dikumpulkan berkesinambungan dengan tema yang diangkat.

 

  • Sistematika Penulisan
    • Bagian Awal
      • Halaman Judul. Halaman judul diketik sebanyak satu halaman. Judul karya tulis diketik dengan huruf kapital. (format terlampir)
      • Lembar Pengesahan (format terlampir)
      • Lembar Orisinalitas (format terlampir)
      • Abstrak. Abstrak ditulis 1 spasi, maksimal 300 kata dengan keyword (kata kunci) minimal 3 dan maksimal 5 kata. Abstrak mencerminkan isi keseluruhan karya tulis.
      • Kata Pengantar
      • Daftar Isi. Berupa daftar isi dan daftar lain yang diperlukan seperti daftar gambar, daftar tabel dan daftar lampiran.
    •  Bagian Inti
      • Pendahuluan. Bagian pendahuluan berisi hal – hal sebagai berikut:
        • Latar Belakang
        • Perumusan Masalah
        • Tujuan dan manfaat
      • Tinjauan Pustaka
        • Tinjauan Pustaka berisi landasan teori dan konsep – konsep yang relevan, berasal dari sumber yang jelas, termasuk pendapat terdahulu dan pemecahan masalah yang pernah dilakukan.
      • Metode
        • Metode penulisan berisi prosedur yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah yang menguraikan cara pengumpulan data dan informasi, pengolahan data dan informasi serta analisis. Metode penulisan juga dapat mencakup pendekatan penulisan, sumber data, subjek yang dikaji serta tahapan penulisan.
      • Pembahasan
        • Uraian hasil kajian dan ide pengembangan sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan. Pembahasan berisi analisis permasalahan berdasarkan pada data dan informasi serta telaah pustaka untuk menghasilkan pemecahan masalah atau gagasan.
      • Penutup
        • Kesimpulan harus sesuai dengan analisis permasalahan dan menjawab tujuan.
        • Saran disampaikan mengenai prediksi gagasan dan penyampaian kedepannya.
    • Bagian Akhir
      • Daftar Pustaka
      • Lampiran – lampiran
      • Biodata peserta, foto/dokumentasi, data dan informasi lainnya yang mendukung karya

 

  • Tata Cara Pendaftaran
    1. Download dan mengisi formulir pendaftaran disini. Cetak dan isi, kemudian kirim melalui email agrotechfair021@gmail.com dengan subjek email : “Nama Peserta-Kampus-Pendaftar-LKTI AF 2018”. (Contoh : Anjani-Universitas Muhammadiyah Yogyakarta-Pendaftar-LKTI AF 2018).
    2. Setiap tim yang telah mengisi formulir pendaftaran kemudian membayar biaya penulisan karya tulis ilmiah sebesar Rp 150.000,- melalui BRI 7854 0100 3820 530 Atas nama Haidar Farras Iftikar. Batas waktu pembayaran maksimal 1 x 24 jam setelah mengisi dan mengirim formulir pendaftaran. Apabila melebihi batas waktu maka pendaftaran dianggap hangus dan harus melakukan pendaftaran ulang.
    3. Konfirmasi pembayaran pendaftaran berupa foto bukti transfer : Lisa 085-743-032-439 (WA)
    4. Karya tulis ilmiah akan diseleksi untuk menentukan 10 karya tulis terbaik akan diumumkan pada tanggal 7 April 2018. (Melalui E-mail/Web).

 

  • Tata Cara Pengiriman
    1. Pengumpulan karya tulis diserahkan pada tanggal 15 Januari 2018 – 20 Maret 2018, dalam format softcopy PDF (E-mail: agrotechfair021@gmail.com) dengan subjek email :
    2. “Nama-Kampus-Judul (Subtema)-LKTI AF 2018”. (Contoh : Anjani-Universitas Muhammadiyah Yogyakarta-Strategi Pemasaran Produk Pertanian Skala Internasional (Ekonomi)-LKTI AF 2018).
    3. Bukti scan pembayaran registrasi pendaftaran dan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) dilampirkan dalam pengiriman karya tulis ilmiah, dijadikan dalam satu folder. Folder diberi nama : “Nama Ketua-Sub Tema-Universitas”.

 

  • Tata Tertib
    1. Pada saat acara, peserta finalis diwajibkan menggunakan pakaian rapi, jas almamater asal, dan sepatu.
    2. Peserta tampil dan mempresentasikan karya tulisnya di hadapan 3 (tiga) dewan juri dengan alokasi:
    3. Presentasi karya tulis maksimum 5 menit.
    4. Tanya jawab maksimum 10 menit
    5. Peserta wajib hadir di ruang presentasi 15 menit sebelum final dimulai

 

  • Pengumuman
    • Karya tulis ilmiah akan diseleksi untuk menentukan 10 karya tulis terbaik akan diumumkan pada tanggal 7 April 2018. (Melalui E-mail/Web).
    • Finalis 3 besar lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) dan pemberian penghargaan akan diumumkan pada acara puncak Seminar Nasional Agrotech fair 2018 (Agro Talk) pada tanggal 14 April 2018 di Gedung AR. Fachrudin B Lt. 5 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

 

  • Hadiah
    • Juara 1 : Sertifikat + Tropi + Uang Sebesar Rp. 4.500.000
    • Juara 2 : Sertifikat + Tropi + Uang Sebesar Rp. 2.000.000
    • Juara 3 : Sertifikat + Tropi + Uang Sebesar Rp. 1.000.000
  • 10 Karya Tulis Ilmiah (KTI) terbaik : sertifikat (hardfile)
  • Seluruh peserta Karya Tulis Ilmiah (KTI) : e-sertifikat (softfile)

 

RUNDOWN ACARA LKTI

Waktu Durasi Acara
07.30 – 07.35 WIB 5 Menit Pembukaan
07.35 – 07.45 WIB 10 Menit Pembacaan Al – Quran
07.45 – 07.55 WIB 10 Menit Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars Muhammadiyah
07.55 – 08.00 WIB 5 Menit Sambutan Ketua Pelaksana
08.00 – 08.05 WIB 5 Menit Sambutan FKK Himagri
08.05 – 08.15 WIB 10 Menit Sambutan Kaprodi, Dekan, Rektor (Kondisional)
08.15 – 08.30 WIB ·   5 menit presentasi

·   10  Menit tanya jawab juri

Presentasi Pertama

 

 

08.30 – 08.45 WIB ·   5 Menit presentasi

·   10 Menit tanya jawab Juri

Presentasi Kedua
08.45 – 09.00 WIB ·  5 Menit presentasi

·  10 Menit tanya jawab Juri

Presentasi Ketiga
09.00 – 09.15 WIB ·  5 Menit presentasi

·  10 Menit tanya jawab Juri

Presentasi Keempat
09.15 – 09.30 WIB ·   5 Menit presentasi

·  10 Menit tanya jawab Juri

Presentasi Kelima
09.30 – 09.45 WIB 15 Menit Hiburan
09.45 – 10.00 WIB ·  5 Menit presentasi

·  10 Menit tanya jawab Juri

Presentasi Keenam
10.00 – 10.15 WIB ·  5 Menit presentasi

·  10 Menit tanya jawab Juri

Presentasi Ketujuh
10.15 – 10.30 WIB ·  5 Menit presentasi

·   10 Menit tanya jawab Juri

Presentasi Kedelapan
10.30 – 10.45 WIB ·  5 Menit presentasi

·  10 Menit tanya jawab Juri

Presentasi Kesembilan
10.45 – 11.00 WIB ·   5 Menit presentasi

·   10 Menit tanya jawab Juri

Presentasi Kesepuluh
11.00 – 11.15 WIB 15 Menit PENUTUP (HIBURAN)

Lampiran

  • Silahkan download lampiran disini

MORE INFO :

  • Lisa 085743032439 (WhatsApp)